Kamis, 19 Mei 2016

Apaan Sih Karbon/Karbon Kevlar?

Jakarta, 19 Mei 2016

Assalamualaikum Wr.Wb,
Selamat sore sobat semua, kali ini ane mau berbagi info dikit nih,
   Carbon atau sering disebut karbon fiber atau kevlar sering banget kita liat menjadi bagian dari Raja dan berbagai motor. Dari mulai Silencer, Body Fairing, Spion, ampe macem-macem deh. Dan kalo nonton Motogp dan F1 waahhh entu carbon ada dimana-mana, makanya anak2 muda pade demen-demen beli asesoris atau part karbon ntu, baik yang beneran karbon atau yang cuma dibungkus stiker karbon... :D
   Sebenarnya apaan sih carbon atau kevlar itu dan kenapa pada banyak yang pakai apalagi di Motogp dan F1 ???


Ini ni pict carbonnya (versi warna hitamnya) :


                                    
   
Nah kalo ini ni versi warna goldnya/warna emas :



Carbon warna merah juga ada kok, ini nih pictnya:




    Pada tahun 1965 2 ilmuan Stephanie Kwolek dan Herbert Blades telah melakukan riset yang menghasilkan serat fiber yang luar biasa kuat, ringan dan fleksibel dalam penggunaan.
Perusahaan tempat mereka melakukan riset adalah DuPont dan technology fiber tersebut dikenal sebagai Kevlar®. Karena Kevlar sangat fleksibel atau dapat digunakan dalam berbagai dimensi barang-barang, maka penggunaan kevlar menjadi sangat populer. Dimulai pada awal 1970-an kevlar pun diproduksi untuk banyak lapisan kebutuhan industri didunia. Diantara industri yang menggunakannya adalah Industri Otomotif yang kerap menggunakannya baik dipiranti keselamatan maupun part otomotif itu sendiri juga industri Dunia Luar angkasa dan didunia olahraga sampai sarung tangan oven didapur ikut2an pake kevlar. Dan untuk kebutuhan Militer kevlar juga banyak digunakan dari mulai rompi anti peluru kendaraan perang, pesawat dan helikopter sampe silencer senapan menggunakannya.
    Kenapa ampe bisa begitu nah ni ane kasih tau keunggulan Serat fiber berasal dari poly- paraphenylene terephthalamide adalah sebagai berikut ini ni:

1. Kekuatan yang sangat luar biasa tapi ringan, Bahkan Kevlar 5x lebih kuat dari baja (pada bobot ringan yang sama dan dimensi yang sama).
2. Struktur dasarnya stabil.
3. Konduksi listriknya sangat rendah.
4. Ketahanan pada bahan kimia yang cukup tinggi.
5. Tahan panas dan tahan bakar serta rendah dalam menghantar panas.
6. Tahan potong dan masih banyak lagi keunggulannya.


     karbon Kevlar sendiri kalo udah dibuat menjadi suatu barang atau part manfaatnya bisa banyak loh dibanding dengan yang bukan karbon kevlar... Seperti contoh pada Silencer Karbon buat kuda besi kita:


     Yang pertama Berat silencernya Karbon jauh lebih ringan dibanding yang menggunakan silencer alumunium ato stainless steel ato plat besi.
    Kedua Permukaan silencer Karbon ngga panas walau abis dipake jalan-jalan jadi lebih aman kalo kesenggol silencernya ,coba kalo yang stainless stell lu pegang abis jalan-jalan... bbeeehh gosok tangan lu men, cobain aja kalo enggak percaya
    Ketiga Suara yang dikeluarkan jauh lebih halus.

Itu baru silencer ada juga Helm yang di carbon, nah ini ni pict helm yang pake carbon:


sarung tangan karbon juga ada loh men, nah ini nih pictnya:


Nah kalo fairing mah udah enggak asing lagi kan guys, ini ni ane kasih pict fairing yang pake carbon dah gan, ini karbonnya di fairing ninja zx-10R


ampe-ampe blok mesin pun ada yang di karbonin loh gan, ini nih pictnya:


spion mobil juga ada kok yang di karbonin, ini ni pictnya gan:


Tangki bensin motor besar pun juga ada yang di kevlar, ini ni pictnya gan:


dan masih banyak lagi deh yang lainnya... 
   Yang Jelas Keunggulan dan Manfaatnya cukup banyak juga, Tapi ada juga part atau asesoris yang ditempelin stiker motif karbon gimana tuh ? Ya itukan bukan mengejar keunggulan dan manfaat karbon kevlar tapi lebih ke variasi soalnya warna karbon kevlar itu bagus dan bisa masuk serasi ke banyak warna, selama part ato asesoris itu ngga mengganggu di performa ya kayaknya asiik juga dipakai kendaraan kita men....
sekian info dari ane, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Posting Komentar