Rabu, 25 Mei 2016

Sun and The Moon, Enggak Ada Matinya!

Modifikasi Yamaha Mio Soul 2010

Sun and The Moon, Enggak Ada Matinya!

TANGERANG, DS. Ada 3 kata buat kalimat Sun and The Monn, yaitu enggak ada matinya, bray! Dari tahun ke tahun, motif Matahari dan Bulan ini enggak pernah surut menjadi sebuah tema berkarakter buat motor modifikasi, salah satunya yang ada di Yamaha Mio Soul milik bray Asep Saepudin ini.
Toy, modifikator dari Toy Cutting Modified yang biasa ngepos di kawasan Meruya, Jakarta Barat, ini kebanjiran order motif bodi cutting stiker yang udah identik banget sama Valentino Rossi itu, termasuk Asep Saepudin.
Sang pemilik, menurut Toy, saat nyerahin skutik lulusan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tahun 2010, ini sejatinya buntu bin kehabisan ide soal konsep sebuah motif pada bodi besutannya ini. “Akhirnya gue pilih motif Sun and The Moon. Selain simpel, motifnya berkarakter dan mudah dibedakan meski temanya sama,” ujar salah satu anggota dari Komunitas Mio Soul Indonesia (KMSI) ini.
Konsep motif ini emang udah jadi favorit buat modifikator ataupun para pelaku modifikasi Tanah Air. Enggak heran jadinya bray, banyak motor-motor modifikasi yang menganut motif ini dengan berbagai jenis teknik, baik airbrush maupun cutting stiker. “Sekilas kalo dilihat dari hasil jepretan kamera kayak di-airbrush meski hasil karya gue ini sebenarnya dari cutting stiker,” keukeuh Toy.
Proses pengerjaan yang digeluti Toy pun terbilang cepat, yaitu cuma 2 jam aja, bray. “Ini aja bakal gue kasih sedikit tambahan lagi biar makin garang, bray. Mulai dari ngecat rangka sampai beberapa tambahan aksesoris yang ditempal,” sahut pria ramping ini.
Detail Modifikasi
Sementara konsep dasar modifikasinya sendiri adalah street racing ala motor balap Drag Bike dari negeri Gajah Putih, Thailand. Misal bagian depan dibikin mendem dengan setang kemudi yang ditekuk sekitar 45 derajat.
Masih di seputaran bodi, tepat pada bagian dek tengah, Toy ngebikin motif bolong-bolong dengan bantuan alat khusus, “Alatnya kayak mesin bor dengan mata pisau. Awalnya mesti digambar dulu biar enggak blepotan,” terangnya.
Ubahan yang bisa dibilang ekstrem dari Mio Soul satu ini terdapat pada bagian CVT dan Engine Mounting. Jeroan CVT dibiarin ‘vulgar’, sementara engine mounting nyematin merek dari SPS.

Sektor mesin juga turut dioprek, bray. Buat yang satu ini, si pemilik ngejejelin piston 58mm dengan beberapa pendukung. Seperti karburator ngaplikasiin PE28 Sudco, koil pakai label KTC dan sistem exhaust CHA, knalpot keluaran Thailand punya.

Sumber by: http://www.duniascooter.com/read/443/Sun-and-The-Moon-Enggak-Ada-Matinya

0 komentar:

Posting Komentar