Kamis, 19 Mei 2016

Cara Benerin Karburator Sendiri

Jakarta, 19 Mei 2016
Assalamualaikum manteman, malem ini lagi pada ngapin nih men?, kali ini ane mau ngasih info nih emang sih udah banyak yang tau caranya, tapi ane mau ngasih sedikit berbagi ilmu nih bagi teman-teman yang ingin mencoba untuk membongkar karburatornya sendiri. Karburator adalah sebuah komponen motor terpenting dalam proses pembakaran , fungsi dari karburator sendiri yaitu menyatukan udara dan bahan bakar yang kemudian nantinya akan disalurkan ke dalam ruang pembakaran.Bagi para mekanik mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah karburator, dalam perkembanganya sendiri sekarang ini motor motor yang di produksi sudah jarang menggunakan karburator sekarang zaman sudah maju dan teknologi yang digunakan pun sudah maju. Kebanyakan di zaman sekarang ini motor motor sudah menggunakan teknologi EFI (atau singkatan dari Electric Fuel Injection) atau bahan bakar terkomputerisasi. ibrat kalo manusia karbu tu adalah jantung men yang ngejalanin semua, nah kalo jantung manusia ada masalah pasti manusia itu langsung sakit, sama halnya kaya motor yang berkarbu gan

Cara servis karburator mio

    Karburator yang mengalami gangguan misalnya saja kemasukan air atau terlalu kotor maka biasanya motor tidak mau di hidupkan atau mesin motor tersendat sendat. 
    Oleh karena itu bagi anda yang masih menggunakan motor bebek dan menggunakan karburator maka perlu adanya perawatan agar performance motor tetep prima. selian itu juga untuk menjaga karburator dari gangguan za dan bahan lain yang mencoba untuk masuk ke dalam karburator sehingga menyebabkan karburator tidak berkerja sebagaimana mestinya. Untuk perawatan karburator sebenarnya cukup mudah , anda cukup melakukan pembersihan saja secara bakala yang nantinya akan membuat motor selalu tetep prima.

Langsung aja dah, begini ni caranya guys:

1. Anda Bisa Lepaskan terlebih dahulu kaburator dari dudukannya
     Yang pertama tentunya anda harus mengeluarkan motor dari parkiran , cari tempat yang memiliki posisi yang rata anda bisa menggunakan standard tengah. Setelah itu anda bisa melepaskan karbu dari manifold / dudukannya.

karbuV80_MPM

2. Buka mangkuk karbu lalu anda bersihkan.

     Setelah anda buka karburator dari tempatnya selanjuntya anda buka mangkuk karbu dan lihat endapan yang terbentuk atau ada kontaminasi air di dalam mangkuk tersbut, anda bisa bersihkan menggunakan kuas dan bilas dengan bahan bakar (bensin). Tujuan penggunaan bensin sebagai pembilas agar lebih bersih.

mangkuk karbu

3. Anda Bisa Lepas pilot jet lalu bersihkan.

     Setelah itu anda pergi kebagian yang lain , coba anda lepaskan bagian pilot jet setelah itu anda bersihkan dengan cara meniup lubang sekuat-kuatnya.atau bisa juga menggunakan kompresor jika anda memiliki alat tersebut .

jet karbu

4. Buka mangkuk karbu dan bersihkan.

     Coba anda bisa lepaskan main jet yang terdapat pada karburator lalau anda bisa bersihkan dengan cara meniup lubang sekuat-kuatnya. bisa juga anda menggunakan kompresor jika anda memiliki peralatan tersebut.

main karbu

5. Lepas needle jet dan bersihkan.

     Lalu jika yang diatas tadi sudah bersih anda bisa lepaskan bagian needle jet lalu bersihkan bagian tersebut dengan cara meniup lubang sekuat-kuatnya. Jangan lupa bersihkan juga badan karburator dan tiup bagian lubang-lubang pada moncong karburator agar tidak ada kotoran yang menyumbat aliran udara tersebut ,bisa juga menggunakan kompresor untuk mendapatkan tiupan yang kuat.

needle karbu

Finish, Anda rakit kembali dan pasangkan ke tempat asalnya.
Jika hal hal diatas sudah anda lakukan semuanya dan dirasa sudah bersih dari kotoran kotoran yang menyubat karburator tersebut, setelah itu anda bisa merakit kembali karburator yang yang sudah anda bongkar tadi. Jangan lupa menyetel setelan campuran bahan bakar kembali.

Semoga postingan ane yang ini bermanfaat
Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar