Jakarta, 20 Mei 16
Assalamualaikum gan, kali ini ane mau ngepost nih
bagi yang mau maticnya kenceng tanpa harus korek mesin ( tanpa ngebore-up),
sesuai dengan nama blog ane gan, otomotifkantongpelajar.blogspot.com yang isi
blognya tentang modifikasi/tips yang mau berkreasi dengan kuda besinya dengan
kantong pelajar, oke deh langsung aja nih guys ane kasih tau caranya, di baca
baek-baek yyyaaa kawan:
(1) Roller
Menurunkan bobot
roller jadi langkah untuk menyelaraskan setingan upgrade performa non bore-up
yang sudah dibuat. Enggak perlu terlalu banyak penurunan bobot roller-nya.
Cukup lebih ringan 2 gram dari roller standar bawaan matik (ane anjurin
sih pake yang merk racing aja ya gan)
(2) Noken As
Buka tutup klep juga
mesti disesuaikan. Untuk hal tersebut, langkah paling mudah adalah dengan
mengganti noken as standar dengan yang racing. “Itu rumus sederhana bagi mereka
yang pakai Yamaha Mio. Buat pengguna Honda BeAT, treatment-nya bisa lebih
sederhana lagi,” cukup setel ulang kerenggangan klep. Dengan fuller gauge,
setting ulang klep inlet pada angka 0,15-0,20 mm dan bagian exhaust dibikin
rapat (0,07-0,1 mm).
(3) Porting
Dalam kondisi yang
masih standar dinding pada lubang inlet maupun exhaust, teksturnya seperti
kulit jeruk. Oleh banyak mekanik hal tersebut dianggap sebagai penghambat alur
gas masuk maupun keluar, tetapi pendapat itu keliru. Agar performa maksimal
untuk inlet kulit jeruknya jangan dibuang karena mempengaruhi proses
pencampuran bahan bakar dengan udara. yang kita haluskan hanya bagian exhaus
saja, agar proses keluarnya hasil pembakaran jadi lancar. Bagian exhaus
tersebut mesti dibuat halus dan rata. Untuk proses menghaluskan dan meratakan,
biasanya dilakukan teknik porting menggunakan tuner atau amplas.
(4) Knalpot
Dengan metode non
bore-up untuk upgrade performa matik, enggak mengharuskan pakai knalpot racing.
Namun agar proses pembuangannya lebih lancar, knalpot bawaan motor mesti
dimodifikasi. Bila enggak mau knalpot standar pabrik yang diobok-obok, bisa
juga dilakukan ganti knalpot aftermarket yang standar bobok, kalo bisa bobok
kondoman gan biar suaranya mantep :D
Nih pict knalpot
standar yang dibobok kondoman:
Kalo ini knalpot
racing kawahara:
Kalo ini knalpot
racing DBS Ori Thailand:
Kalo ini knalpot
racing CLD:
Kalo ini knalpot
racing CHA Ori Thailand:
(5) Spuyer
Seting ulang spuyer,
tergantung dengan keinginan dari si pengguna matik tersebut. Bila masih ingin
mempertahankan penggunaan filter udara, maka setingan spuyernya dibuat kering.
Tapi bila maunya open filter, mau tidak mau perbandingan spuyernya dibuat
basah. Soal berapa angka ukuran spuyernya, mesti trial and error. Enggak bisa 1
perbandingan main jet dan pilot jet, bisa dipakai pada semua matik.
(6) Kompresi
Meningkatkan rasio
kompresi pada mesin matik, akan membuat power meningkat. Begitu gas dibuka,
peningkatan mesin metik yang perbandingan kompresinya dinaikkan terasa dari rpm
bawah sampai atas. Buat Yamaha Mio yang pistonnya cekung, cara menaikkan
kompresinya bisa dengan melakukan papas silinder head. Enggak usah
banyak-banyak, untuk skutik harian cukup 1-1,5 mm saja. Sementara itu buat
pengguna Honda BeAT, untuk menaikkan rasio kompresi bisa dengan mengganti
piston. Cukup masukkan piston Honda Vario yang berkubah jenong.
Nah ntu dia caranya
biar matic kenceng tanpa harus ngebore up mesin, sekian dulu blog yang ane
buat, semoga bermanfaat ya guys
Wassalamualaikum, wr.wb
\
0 komentar:
Posting Komentar